Senin, 16 Agustus 2010

APPI Jangkau Desa Pelosok

Sungai Apit RTr- Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) dalam membawa misi menekan angka kematian bagi ibu melahirkan, ibu hamil, ibu nifas dan anak, menyentuh desa pelosok di Kecamatan Sungai Apit. Kemarin (12/2) APPI Siak menggelar pengobatan massal gratis di Desa Sungai Rawa.

Ketua APPI Kabupaten Siak Hj Nuraini Fauzi Jamil yang datang bersama Wakil Bupati Siak Drs OK Fauzi Jamil, Anggota DPRD Drs Wan Abdurahman MSi, Kepala Dinas Perhubungan M Hardi Helmi SH, Direktur RSUD Siak Dr Toni Candra MKes, Camat Sungai Apit Yulizar SSos, serta dua dokter spesialis dan tiga dokter umum.

Pengobatan massal di Sungai Rawa dibuka Wakil Bupati Siak. Dalam sambutannya OK Fauzi Jamil mengatakan, kegiatan bakti sosial seperti pengobatan massal ini merupakan langkah antisipatif dalam menekan angka kematian ibu hamil.

Kegiatan yang digelar dengan menjangkau masyarakat secara langsung dengan mendatangi masyarakat hingga ke desa terpencil sekalipun. “Gunakan kesempatan ini untuk menjaga kesehatan ibu dan anak,” kata OK.

Sedagkan Hj Nuraini dalam sambutannya mengatakan, kedatangan APPI di Sugai Rawa guna memberikan pengobatan gratis bagi ibu hamil, ibu melahirkan, ibu nifas, dan anak.

APPI juga mengakomodir permintaan masyarakat atas pengobatan, dengan juga memberikan pengobatan umum gratis. “Biasakanlah melakukan perawatan terhadap kehamilan dan anak yang baru dilahirkan,” kata Nuraini.

Camat Sungai Apit Yulizar SSos dalam sambutannya mengatakan, kedatangan

APPI di Desa Sungai Rawa merupakan kesempatan emas bagi masyarakat setempat dalam melakukan pengecekan kesehatan. “Ini gayung bersambut. Masyarakat perlu obat, APPI datang memberkan pengobatan gratis,” kata camat.

Kedatangan APPI di Desa Sungai Rawa ini tidak disia-siakan masyarakat. itu terbukti dengan berbondong-bondongnya masyarakat datang mengikuti pengobatan gratis tersebut.

Stop Kekerasan Terhadap Anak

Terjadinya kekerasan dalam rumah tangga terutama terhadap anak yang mencuat pada beberapa keluarga di daerah lain, diharapkan tidak terjadi di Kabupaten Siak, termasuk Kecamatan Sungai Apit.

Karena keluarga dan anak harus dilindungi, diayomi dan diberikan pendidikan. “Lindungi dan didiklah anak-anak,” kata Ketua APPI Siak.

Disebutkan Nuraini, anak adalah keturunan yang akan menjadi pemimpin daerah nanti. Untuk itu sejak dini harus sudah dijaga kesehatannya dan diberikan pendidikannya.AYA/RTR

Kutipan : http://natureeducation.wordpress.com/2008/03/20/appi-jangkau-desa-pelosok/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar