Selasa, 31 Agustus 2010

Mendesak, Pembangunan Puskesmas Di Sungai Rawa

SIAK-Pemkab Siak didesak segera membangun Puskesmas di dua wilayah yang dinilai sangat membutuhkannya.  Selain di Desa Bukit Agung, Kerinci Kanan, yang berada di daerah perbatasan, juga di
Desa Sungai Rawa, yang cukup jauh untuk mendapatkan pelayanan di ibu Kota Kecamatan, Sungai Apit. Kades Bukit Agung Kerinci Kanan Yana Tri H, belum lama ini, menyebutkan, desakan untuk
segera dibangunnya Puskesmas yang memadai, karena di Bukit Agung dan beberapa desa sekitarnya, cukup kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan, karena letak Puskesmas Kecamatan cukup jauh dari desa mereka.
Desa Bukit Agung merupakan salah satu desa yang terletak di perbatasan Kabupaten Siak dan Pelalawan, yang perbatasannya ditandai dengan jalan aspal hitam. Pasca terjadinya polemik tapal batas kabupaten tersebut, warga desa berharap Pemkab Siak lebih peduli pada mereka.
"Warga beberapa desa memang mengharapkan, Pemkab Siak membangun fasilitas umum dan pelayanan publik. Salah satunya, Puskesmas rawat inap," ujarnya.
Hal sama juga dikemukakan Kades Sungai Rawa H Jaafar. Sebagai desa yang terletak di posisi yang cukup jauh dari ibu kota kecamatan dan kabupaten, keberadaan Puskesmas yang layak (rawat inap), sangatlah ditunggu-tunggu masyarakat.
"Memang, keberadaan Puskesmas sangat ditunggu warga. Apalagi, terdapat beberapa desa sekitar yang juga belum memiliki fasilitas memadai untuk pelayanan kesehatan," ujar Jaafar.
Desakan untuk segera dibangunnya Puskesmas tersebut, ditanggapi serius Dinas Kesehatan Siak. Kadiskes H Budiman Shafari, menegaskan, sudah melakukan persiapan pengajuan pembangunan dua Puskesmas tersebut.
"Kami sudah ancang-ancang dan tengah melakukan tinjauan, terkait kelayakan dua tempat tersebut untuk dibangun Puskesmas yang memadai. Jika berjalan lancar, maka pada ABPD 2011, hal itu akan diajukan pembangunanya," ujar Kadiskes.
Menurutnya, keberadaan Puskesmas yang layak dan fasilitasnya lengkap sesuai standarpelayanan Puskesmas rawat inap, menjadi sangat penting untuk daerah yang aksesibitasnya sangat terbatas dan jauh. Untuk Sungai Rawa, terkategori pada daerah yang aksesnya sulit dan terbatas. Sedangkan di Desa Bukit Agung, Kerinci Kanan, terkategori pada jauhnya jarak tempuh dan medan yang berbukit.
"Kami sudah merencanakan pembangunan dua Puskesmas di dua daerah yang berbeda kondisi geografisnya tersebut. Satu di daerah rawa, yang satu diperbukitan dan sama-sama dipengaruhi oleh aksesibilitas dan transportasi," tandas Budiman. n ali

Sumber :http://riaumandiri.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar